Pulau Samber Gelap, Destinasi Wisata Eksotik yang Wajib Dikunjungi

Posted on

Pulau Samber Gelap menjadi salah satu destinasi eksotik yang wajib Anda kunjungi. Pulau ini terletak di kawasan perairan Kotabaru, provinsi Kalimantan Selatan. Keindahan alamnya yang masih terjaga menawarkan pengalaman tak terlupakan bagi para wisatawan.

Pulau Samber Gelap
Gotravelly.com

Pulau Samber Gelap dengan Sejuta Pesonanya yang Memikat

Samber Gelap mungkin terdengar masih asing di telinga sebagian besar masyarakat Indonesia. Apalagi, letak pulaunya memang cukup terpencil dan masih jarang terjamah wisatawan. Kendati demikian, kawasan ini sudah populer di kalangan para pecinta alam atau penggemar wisata minat khusus.

Konon katanya, Samber Gelap bukanlah nama asli. Dahulu kala, pulau yang berjarak 69 km dari pantai Gedambaan ini bernama Samargalang. Hingga suatu ketika, ada kapal tanker yang menabrak pulau Samargalang akibat kurangnya penerangan.

Dari sanalah namanya kemudian berubah menjadi Samber Gelap yang berarti “ditabrak kapal karena kondisi gelap”. Pada mulanya, Pulau Samber Gelap hanya nelayan manfaatkan untuk singgah saat terhalang cuaca buruk selama pelayaran. Namun, melihat potensi alam yang luar biasa, pemerintah setempat mulai terdorong untuk mengelolanya sebagai objek wisata.

Berada di tengah-tengah air laut biru dan hamparan pasir putih lembut, Samber Gelap menawarkan pemandangan memukau. Bebatuan karang yang tersebar di sepanjang pantainya menambah daya tarik tersendiri. Sangat pas untuk bersantai, berjemur, atau sekedar bermain air.

Keanekaragaman Ekosistem Laut yang Masih Asri

Selain pemandangan sekitar pulau, pesona bawah laut dari kawasan Samber Gelap juga tak kalah menawan. Para wisatawan bisa menikmati keindahan terumbu karang yang masih asri di dalam air super jernih. Keragaman hayati di sekitar pulau ini tentu menjadi surga bagi para pecinta diving atau snorkeling.

Menariknya, Pulau Samber Gelap juga menjadi kawasan konservasi sekaligus penangkaran bagi habitat penyu. Beberapa jenis penyu yang ada di sini meliputi penyu hijau dan sisik. Di bulan-bulan tertentu, wisatawan bisa melihat bagaimana induk penyu menyimpan telur-telurnya di hamparan pasir putih.

Akses Menuju ke Kawasan Samber Gelap

Ada beberapa cara untuk sampai di kawasan Samber Gelap. Salah satunya adalah naik kapal cepat (speed boat) yang umumnya tersedia di Pelabuhan Panjang Kotabaru. Namun, biaya naik kapal cepat ini relatif mahal, yakni Rp 200.000/orang.

Meski begitu, waktu tempuhnya terbilang singkat sekitar dua jam. Jika ingin yang lebih murah, Anda dapat memilih alternatif kedua dengan naik kapal nelayan. Hanya saja waktu tempuhnya bisa sampai tujuh jam perjalanan.

Tips Berkunjung ke Kawasan Samber Gelap

Mengingat Anda akan melewati perjalanan jauh, pastikan sebelum mengunjungi Pulau Samber Gelap sudah mempersiapkan segala perbekalan yang penting. Mulai dari pakaian ganti, obat-obatan, makanan, minuman, dan beberapa kebutuhan lainnya.

Hal ini sebagai langkah antisipasi, apalagi kawasan pulaunya masih minim akomodasi. Pastikan juga kondisi tubuh Anda fit, supaya tidak ambruk di tengah perjalanan. Selain itu, upayakan menjaga kebersihan kawasan pulau demi memastikan kelestariannya agar tetap terjaga.  

Rekomendasi Penginapan di Sekitar Samber Gelap

Penting untuk Anda pahami bahwa kawasan Samber Gelap adalah pulau tak berpenghuni. Di sekitar lokasinya juga tidak tersedia penginapan. Hanya ada satu hunian untuk tamu khusus, artinya tidak semua orang boleh menempatinya.

Nah, bagi Anda yang datang jauh dari luar kota dan ingin sedikit lebih lama di Kalimantan Selatan. Maka bisa mencari penginapan paling dekat dari Pelabuhan Panjang Kotabaru. Seperti Hotel Grand Surya yang berjarak sekitar 30 menit dari pelabuhan. Bisa juga menginap di hotel kelas menengah yang lebih terjangkau yakni Mandiri Hotel.

Itulah ulasan tentang Pulau Samber Gelap yang cocok untuk mengisi liburan akhir tahun. Dari informasi di atas, bisa kita simpulkan bahwa destinasi pulau-pulau eksotik bukan hanya Bali. Namun, Indonesia memiliki banyak sekali tempat unik seperti halnya Samber Gelap, di Kalimantan Selatan.